Senin, 12 November 2012

FAKTA "BAND YANG BAGUS


KLIK FAKTA "BAND YANG BAGUS ADALAH..."
Sahabat KlikMusik, setelah kita sempat bahas bagaimana plagiat dalam musik, sekarang kita coba bahas apa sih kriteria sebuah banda bisa dianggap bagus? Apakah dengan lirik yang bagus, irama yang bagus, atau hanya dengan mengandalkan penampilan?
image
Banyak hal yang bisa dijadikan tolak ukur sebuah kesuksesan group Band. Mulai dari tingkat penjualan album, hits single, sampai pada penampilan mereka di atas panggung dan di luar panggung. Namun, ada hal lebih mendasar bagaimana sebuah Band bisa dianggap bagus. Band-band sejak jaman Koes Ploes, Panbers dan sebagainya hingga sekarang kita mengenal Slank, Dewa 19, Padi, Sheila on 7, NOAH (eks Peterpan), mereka semua memiliki sebuah konsep dan karakter yang kuat. Inilah yang menjadikan mereka tak sekedar menjadi group Band asal lewat dengan satu hits single.
Karakter yang sudah dibuat oleh band itu akan terus melekat dan menjadi semacam penanda bagi pecinta musik untuk lebih mengenal sosok band tersebut. Kemampuan dalam bermusik jelas menjadi salah satu hal utama yang juga bisa kita gunakan untuk menilai kualitas sebuah group band. Skill individu para personil hingga bagaimana mereka mampu memadukan skill itu agar terdengar harmoni dan enak didengar. Banyak group band yang notabene mereka pun tak memiliki pengetahuan tentang musik namun bisa menghadirkan sebuah lagu yang enak di dengar, namun, sedikit sekali dari mereka yang akhirnya terus bertahan di blantika musik.
Penampilan di atas panggung hingga di luar panggung pun bisa menjadi acuan menentukan kualitas sebuah group band. Bagaimana reaksi mereka kepada penggemarnya, juga kesolidan antar personil. Hal-hal di luar kemampuan bermusik ini akan mendukung sebuah group band terlihat solid dan memiliki kualitas. Mereka memiliki style atau gaya sendiri yang membuat mereka lebih dikenal, atau terlihat lebih memiliki aura bintang.
Sisi kreatifitas juga memiliki peran penting dalam sebuah group Band. Mereka yang tidak memiliki kreatifitas, tidak membaca pergerakan pasar musik, dan tidak mampu menjawab permintaan penggemar dalam hal selera musik biasanya akan stuck di satu titik tertentu. Berbeda dengan band yang memang sudah kuat dalam konsep dan karakter, mereka akan tetap mampu hadir. Apalagi ditunjang sisi kreatifitas yang akan selalu membuat mereka mampu menciptakan karya-karya bermutu.
image
Nah, dari apa yang sudah kita bahas sedikit di atas, menentukan apakah band itu bagus atau tidak masih harus disandingkan banyak faktor lainnya. Namun, Konsep Band yang jelas, Karakter dari Band itu sendiri, Kemampuan bermusik, Penampilan (style), Kesolidan, Kreatifitas berkarya sepertinya sudah mampu memperlihatkan apakah sebuah group Band itu bisa dianggap bagus atau setidaknya memiliki sebuah kualitas bermusik yang bagus.
—- -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar